Sunday 3 February 2013

Perlengkapan Bayi

Salaaaam:*

Mau berbagi pengalaman waktu prepare perlengkapan ibrahim kecil kemarin,semoga membantu terutama u/ para calon ibu baru:)

1. Pakaian

Dulu gue bingung mau beli baju berapa celana berapa ukurannya apa bla bla bla apalagi ini anak pertama dan gak punya sodara yang bisa ditanya2...,paling dulu kerjaannya browsing kepoin blog emak2 hehe.
Baju, karena baby gue laki jadi gue beli yang bukan size newborn,kenyataannya emang beneran cepet banget gede nih anak gue. Untuk baju 0-1 bulan belum terlalu keliatan nambah gedenya,cukup siapin 1/2 lusin baju leng.panjang,1/2 lusin leng.pendek. Begitupun celana,ada jenis kutung,ada tutupan telapaknya ada juga jenis pop. Masing2 1/2 lusin juga. Untuk popok,kemarin gue dibeliin sama mertua bejibun banget sementara gue pake diapers dari pertama pulang RS ke rumah ,dan akhirnya cukup ngabisin space lemari si kecil hehe,at least something lah karena kepake buat breast pad (dulu gak kebayang bakalan semakmur ini ASI nya sampe kemana2 basah). Why diaper? Karena gue n suami gak mau repot aja cin...sehari bisa nyuci brp puluh popok kalo setiap nyusu aja pipis n pup...tobat deh gue dan salut sama orang2 jaman dulu,sabar banget kali yah. Next, jaket buat bawa si kecil pergi, 1biji aja gue itu juga dibeliin adek ipar,nyari yang kuplukan aja sekalian biar gak ribet harus pake topi. Nah untuk topi gue cuma beli 2 biji, kadang si kecil risih gitu dipakein topi. Untuk sarung tangan n kaki beli 2 pasang aja,gak lama kok dipake pas awal2 lahir aja,fungsinya kan cuma buat penghangat n pelindung cakaran ke muka bayi sendiri...untuk bedong gue beli 1 lusin,dengan bahan yang berbeda2,anak gue cuma sampe 1 bln dibedong full,sekarang kalo pake bedong cuma kalo lagi rewel,dibedong trus di gendong pake jarik,diem deh mungkin kangen suasana rahim kali yah hehe. Gurita? Anak gue ngga pake gurita dari lahir hehe. Brand apa sih yang bagus? Apa aja yang penting produknya lembut di kulit dan lembut di kantong pastinya...masih banyak loh kebutuhan lain si kecil,so jangan kalap kalo belanja hehe:)

2. Toiletries

Gak usah ribet,beli aja yang paketan gitu,jhonsons misalnya udah dapet CD pijat bayi juga loh hehe bukan promosi kok,eh iya untuk bedak gue suka banget yang aroma lavender bed time gitu,cukup membantu si kecil bobok loh...:) terus sisir bayi biar rapihan gitu apalagi buat yang rambut babynya kayak hutan gini,perlu juga ternyata. Untuk handuk,gue saranin beli yang ada kupluknya biar gampang nutupin kepala selepas keluar dari air biar nggak kedinginan hihi kasian...,terus bak mandinya si kecil yang biasa aja kok gak macem2,gue saranin beli yang sisi baknya jgn terlalu tinggi dan jangan yang ada lengkungan pantat bayi di dasar baknya,rawan kepleset nanti pas mandiin,jadi yang datar aja gitu. Buat yang mau pake baby bather silahkan soalnya belum pernah nyoba hehe. Perlak mandi perlu banget buat yang gak pake changing table kayak gue,jadi di atas kasur aja gitu. Untuk washlapnya gue beli 2 biji aja yang ada jempolnya biar gak merosot2 gitu pas mandiin. Eh ya mau share cerita minyak telon,kalo anak gue nangis tiap pake merk drago*,jadi gue beli yang telon ny.meneer/ tresnojoyo aja. 

3. Tentang perlengkapan bobo

FYI  gue gak pake box bayi, jadi gue beli 1set bantal (guling 2 bantal peyang 1),alas ompol 2,selimut kecil 1,selimut topi 1,kelambu 1, Sekarang aja anak gue yang baru 2 bulan 1 minggu udah ngga pake gitu2an lagi,cuma dialas ompol sm dslimutin kain hehe.

4. Lain-lain

Lemari si kecil,biar mini tapi barang2nya bejibun ternyata yah. Gue beli loker aja sih yang susun 3, n sepertinya kudu nambah lemari,niatnya beli loker plastik susun 4 aja sekalian buat barang2 dia yang lain. keranjang/box alat2 mandi dan pakaian bayi,biar gak berantakan kemana2. Eh iya,kalo gue dan suami merekomendasikan hair dryer u/ dimiliki juga,tanya kenapa?selain buat ngeringin rambut,biar gak ribet juga jemur kasur atau apapun yang kena ompol si kecil,relative makan waktu sedikit dan simple:)

5.Perlengkapan menyusui

Nyusuin aja kok pake perlengkapan? ini optional aja kok,dan bisa dibeli setelah lahiran, gue juga tadinya nggak menduga bakal segini deres ASI nya, 2 minggu setelah lahiran dan mulai nggak betah kebasahan ASI terus bajunya, akhirnya memutuskan u/ beli breast pump yang sekarang cuma jadi pajangan karena lebih enak pake tangan aja meres ASI nya haha...terus beli botol2 kaca,gue saranin pake botol UC 1000 aja,beli sekardus sekalian,isinya bisa diminum botolnya bisa buat nyimpen ASI,kalo beli botol kaca yang di baby shop gitu gue kurang yakin itu beneran bersih, karena kemungkinan besar botolnya bekas  botol obat...botol kaca infus,yah pokoknya lebih jelas bersih botol UC 1000,harganya juga murah,dibanding botol kaca di baby shop sampe 6000an ,isinya bisa diminum pulak:),terus kemarin beli beberapa botol dot, beli yang anti tumpah aja biae gak ngebasahin baju si kecil kasian, untungnya bisa punya ASI perah suatu saat kita pergi gak bisa bawa anak,tenang aja ada ASI Perah di freezer,tinggal botolnya diangetin terus diminumin ke baby sama eyang atau mbaknya:)

Sekian sharing dari saya,selamat mempersiapkan kelahiran buah hati ya,semoga membantu:)

Wassalam
Penuh cinta,
Mrs.Qonita 


ini botol2 susu, dulu kita pake ini buat nampung asi hehe banyak bgt ya
Ini botol kaca untuk ASIP, harganya ada yg 4000-6000 isi 100ml
ini ASI perahan, kadang bisa sampe 200an ml setiap meres wow wow banjir

ini hairdryer yang berubah fungsi jadi bed-dryer
 .
ini lemari mini Ibrahim, belom tau aja kalo udah gede banyak bajunya.
kita nggak pake clodi yg ibu-ibu lg happening  bgt itu

No comments:

Post a Comment